Blog Yanti Gobel

Ilmu dan Amal Padu Mengabdi

MENUJU INDONESIA SEHAT DENGAN ASURANSI KESEHATAN

Sehat bagi semua orang adalah dambaan dan harapan karena itu sehat dapat dikatakan sebagai sebuah investasi. Namun kondisi sakit dan kesakitan pasti akan menghinggapi setiap manusia, sekalipun seseorang itu berprofesi seorang dokter yang pekerjaannya menyembuhkan orang yang sakit. Karena itu semua orang dapat memproteksi dirinya dari risiko kesakitan melalui asuransi kesehatan.
Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis produk asuransi yang menjamin biaya perawatan bagi para nasabah sebuah perusahaan asuransi kesehatan bila mengalami kecelakaan atau jatuh sakit. Asurasni jenis ini membantu peserta akan ketersediaan dana jika peserta jika sewaktu-waktu terserang penyakit atau gangguan kesehatan. Skema demikian berarti semua kebutuhan mulai dari biaya pengobatan dari dokter, biaya perawatan di rumah sakit (termasuk operasi) dapat ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biasanya penyelenggara produk asuransi kesehatan adalah perusahaan asuransi umum, perusahaan asuransi jiwa dan/atau perusahaan asuransi social. Perusahaan penyelenggara asuransi kesehatan biasanya memberikan penawaran atas dua jenis pilihan asuransi kesehatan yakni rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment) serta perawatan gigi dan perawatan persalinan.
Pada rawat inap, biasanya manfaat yang diterima peserta asuransi adalah biaya perawatan selama dirumah sakit, biaya laboratorium, biaya emergency service (darurat). Pada rawat jalan, biasanya perusahaan asuransi menanggung biaya konsultasi dokter (umum dan spesialis), biaya pembelian obat yang diresepkan, biaya atas tindakan pencegahan, biaya alat-alat bantu yang diminta oleh dokter, dan seterusnya. Namun demikian, rawat jalan biasanya dibatasi penggunaan dana setiap tahunnya. Pada perawatan gigi biasanya persahaan asuransi menjamin atas biaya perwatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, biaya percegahan dan biaya pemasangan gigi palsu. Sedang pada perawatan persalinan biasanya menjamin semua biaya yang dikeluarkan selam proses persalinan pada rumah sakit bersalin.
Perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi bagi para pegawai negeri sipil di Indonesia seperti PT Askes Indonesia menjamin nasabahnya yang berstatus PNS beserta keluarganya. Bagi anak-anak akan dijamin hingga berusia 21 tahun. Para pensiunan PNS pun mendapatkan proteksi seumur hidup bersama pasangannya (suami/istri). Sedang beberapa perusahaan asuransi jiwa dan kerugian seperti Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 pada umumnya menyelenggarakan program asuransi kesehatan bekerjasama dengan pihak pengelola rumah sakit, baik secara langsung pada manajemen rumah sakit atau tidak langsung melalui institusi perantara jaringan rumah sakit.
Berdasarkan cakupannya, terdapat dua jenis asuransi kesehatan yakni asuransi kesehatan individu dan asuransi kesehatan kelompok (kolektif). Asuransi kesehatan individu ditujukan bagi pribadi masing-masing orang beserta keluarganya, sedang asuransi secara kolektif diperuntukkan bagi pegawai sebuah perusahaan/organisasi yang pembayarannya dilakukan secara terorganisasi dari perusahaan. Biasanya pembayaran premi secara kolektif lebih murah disbanding secara individu karena bila secara kolektif risiko terjadinya klaim dapat dibagi rata oleh seluruh individu peserta didalam kelompok. Bahkan pada kondisi perusahaan asuransi tertentu semakin besar jumlah kelompok dalam suatu perusahaan/organisasi yang ikut proteksi, maka semakin rendah premi yang dibayarkan.
Prosedur klaim pada tiap perusahaan asuransi berbeda-beda, namun pada umumnya menggunakan dua macam sistem klaim yaitu sistem penggantian (reimbursement) dan sistem provider. Pada sistem reimbursement, peserta asuransi harus mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk membaya biaya pengobatan/perawatan rumah sakit, kemudian dapat meminta penggantian kepada perusahaan asuransi yang member proteksi disertai kelengkapan bukti-bukti administrasi yang menjadi syarat utama proses penggantian biaya perawatan/pengobatan. Pada system ini, biasanya rumah sakit bebas dipilih untuk berobat. Sedang pada sistem provider, peserta tidak diharuskan mengeluarkan dana terlebih dahulu karena biasanya perusahaan asuransi telah membekali kartu keanggotaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan individu pada rumah sakit/klinik kesehatan yang terdaftar sebagai mitra perusahaan asuransi yang member proteksi.
Berdasarkan kelompok social-ekonomi, peserta asuransi kesehatan yang diselenggarakan perusahaan swasta biasanya terbatas pada kelas ekomoni menengah-atas yang memiliki kemampuan dan kesadaran terhadap manfaat memproteksi risiko kesakitan pada perusahaan asuransi. Pada kelas menengah-bawah, seiring kesadaran pemerintah akan tanggung jawab pada masyarakat miskin dan rentan, maka beberapa skema jaminan sosial kesehatan telah dikeluarkan seperti JPKM (Jaminan Penyelenggaraan Kesehatan Masyarakat) yang kini berubah nama menjadi Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat). Perusahaan yang menjadi mitra pemerintah adalah perusahaan social yang telah dibentuk pemerintah sendiri.
Bila skema ini berjalan, maka seluruh strata social-ekonomi dapat terproteksi kesehatannya melalui asuransi kesehatan sehingga konsep Indonesia Sehat dapat tercapai seperti yang diharapkan.

6 April 2009 - Posted by | Uncategorized | ,

1 Komentar »

  1. Tolong E-mail data diri ke komunikasi@bumiputera.com untuk kelengkapan peserta lomba…
    terimakasih

    Komentar oleh Edo | 26 Juni 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: